Latest Posts Under: news

Hacker Bobol Akun WhatsApp dan Facebook Melalui Nomor Ponsel

Meskipun menggunakan password yang kuat dan sistem keamanan tambahan, belum tentu akun Facebook kamu aman dari hacker. Pasalnya, menurut sebuah penelitian, 1,26 persen akun Facebook di dunia rentan terhadap hacker.

Sejumlah peneliti membuktikan, hanya dengan memanfaatkan sebuah nomor ponsel, mereka dapat mencuri akun Facebook untuk mengeksploitasi jaringan Signaling System 7 (SS7).

SS7 adalah protokol telekomunikasi yang didefinisikan oleh ITU-T dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan telepon antar kantor menggunakan teknik common-channel signalling (CCS), yang dipakai untuk memisahkan jaringan paket-switched untuk tujuan pensinyalan. SS7 dikenal juga sebagai C7.

Mengutip laman Forbes, Sabtu (18/6/2016), melalui jaringan SS7, hacker dapat mengalihkan panggilan dan pesan ke perangkat mereka sendiri. Yang mereka butuhkan adalah nomor ponsel dan beberapa rincian perangkat untuk melakukan pengintaian secara diam-diam.

Bahkan baru-baru ini, mereka juga bisa membajak akun WhatsApp dan Telegram dengan trik yang sama. Di Facebook, hacker menyerang lewat link “Forgot account?” di laman utama Facebook.

Ketika ditanya alamat email atau nomor ponsel terkait dengan akun target, hacker memberikan sejumlah email dan nomor ponsel yang menurut mereka valid.

Dengan mengalihkan pesan teks yang berisi passcode ke PC atau smartphone milik mereka sendiri, hacker dapat login ke akun korban. Serangan itu terjadi karena mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan nomor ponsel ke Facebook.

Bahkan setiap layanan yang menggunakan SMS untuk memverifikasi akun pengguna, memungkinkan hacker untuk menargetkan pelanggan.
Kawasan Asia Tenggara mulai menjadi pemain ekonomi skala besar sehingga memicu para hacker untuk melakukan penyerangan
Hacker telah mengeksploitasi kelemahan, serta cara membobol wifi lewat hp samsung menjadikan semua perusahaan pengawasan telah menjual layanan SS7 seharga US$ 20 juta ke badan intelijen, sementara operator jaringan berupaya untuk melindungi pelanggan.

Hacker Bobol Akun WhatsApp dan Facebook Melalui Nomor Ponsel

Forbes melaporkan, organisasi intelijen Inggris Government Communications Headquarters (GCHQ) membantu operator Eropa meningkatkan keamanan SS7 mereka, melalui otoritas teknis nasional untuk jaminan informasi Communications-Electronics Security Group (CESG).

Vodafone dan Telefonica saat ini telah meningkatkan sistem keamanannya. Karsten Nohl, seorang peneliti keamanan tengah membantu melindungi jaringan sebuah operator seluler guna mencegah masalah keamanan terkait dengan SS7.

Berikut Cara hacker meretas keamanan melalui router

Di semua rumah yang terkoneksi internet ada router Wi-Fi. Bentuknya kecil, lampunya berkedip-kedip dan umumnya diletakkan di sudut ruang yang jarang tersentuh.

Akan tetapi, siapa sangka router ini jadi kesempatan bagi hacker untuk menyerang pengguna. Router menjadi pusat koneksi dari semua perangkat yang terkoneksi internet di rumah. Baik itu laptop, ponsel, kamera CCTV atau Smart TV, yang terkoneksi dengan internet atau jaringan lokal melalui router.

Berikut Cara hacker meretas keamanan melalui router

Semua ancaman dirumah datang melalui router, yang pada dasarnya adalah gatekeeper untuk jaringan rumah. Jika router dilemahkan oleh kerentanan, penyerang dapat memasuki jaringan rumah dan menyerang perangkat terhubung lainnya yang berpotensi rentan seperti iPad, lemari es.

RUU Penyiaran, Harapan atau Ketidakpastian?
Dalam beberapa bulan terakhir, Avast telah men-scan hampir 4,3 Juta router diseluruh dunia dan menemukan 48% di antaranya ternyata memiliki fitur keamanan yang sangat rentan.

Situasi keamanan pada router saat ini mengingatkan saya pada keamanan di PC era 1990an: berbagai kelemahan/kerentanan baru ditemukan setiap hari.

Mengapa lemah?
Router di rumah adalah perangkat yang lemah dan rentan, sebab sebagian besar penyedia layanan Internet (ISP), manufaktur router, ataupun komunitas keamanan telah mengabaikan untuk mengetahui, meneliti serta mengawasi perangkat router yang dijual di pasaran.

Manufaktur router ditekan oleh outlet ritel dan Internet Service Provider untuk menjual perangkat routernya dengan harga yang sangat murah.

Perangkat router diseluruh dunia di banderol mulai dari Rp 300 ribu-an. Oleh sebab itu, banyak manufaktur akhirnya membeli System on a Chip (SOC), software pada router, yang sudah jadi dan tidak di eksplorasi lebih lanjut.

Merekapun tidak banyak berinvestasi pada manajemen life cycle software tersebut, artinya tidak ter-update, sehingga ribuan bahkan jutaan perangkat router yang dipakai memiliki software yang lemah dan sering menjadi rentan terhadap serangan.

Para penyedia layanan internet (ISP) sebenarnya sudah membekali pelanggan mereka dengan router khusus yang spesifikasinya sudah diatur, sehingga apabila ada masalah akan lebih mudah untuk diatasi.

Namun, dalam kasus melakukan update pada firmware router, baik ISP maupun vendor router bisa gagal memenuhi kebutuhan konsumen tersebut.

Karena keduanya tidak dapat meng-update firmware dengan mudah ketika sebuah security patch dirilis. Untuk melakukan update router firmware, konsumen butuh log in ke administrasi interface pada router. Tapi, ternyata tidak semua konsumen paham akan hal ini.

Kurang 3 dari 5 orang Indonesia tidak menyadari bahwa router mereka memliki administrasi interface dimana mereka dapat log in untuk melihat dan merubah setting routernya. Hal ini memperjelas mengapa lebih dari separuh dari home router, yang diteliti oleh Avast, masih menggunakan username password bawaan seperti admin/admin atau admin/password.

Satu hal lagi yang ditemukan, hanya satu dari 10 orang Indonesia pernah melakukan update dari router firmware-nya dan login kedalam administrasi router setiap minggu atau bulannya. Banyak konsumen yang mungkin tidak menyadari bahwa router mereka perlu di update. Jika Smart TV mereka selalu diperbarui, mengapa mereka tidak memperbarui router mereka sendiri?

Resiko
Jika resiko keamanan router dipertaruhkan, maka seluruh jaringan internet rumah dan seluruh perangkatnya pun ikut berisiko. Berisiko untuk terkena berbagai malicious software.

Contohnya adalah sebagai berikut:

• Pembajakan DNS

penyerang dapat memutuskan laman apa yang akan dikunjungi
Domain Name Service (DNS) adalah sebuah layanan yang dikembangkan sehingga pengguna tidak harus mengingat IP address komputer mereka pada saat berkomunikasi dalam jaringan.

Contohnya, seseorang akan kesulitan apabila harus mengingat IP address 173.194.44.5 adalah situs google.com.

Pada saat pengguna memasukkan google.com pada address bar, komputer akan menyediakan DNS server khusus yang menerjemahkan nama/situs tersebut kedalam suatu address, walaupun tetap dapat dirubah secara manual.

Pada saat penyerang meng-akses router, mereka dapat mengganti DNS server dari provider (legitimate) ke DNS server palsu. Jika penggantian tersebut terjadi, pengguna tidak dapat memastikan apakah laman yang akan terbuka adalah benar atau tidak.

Nama yang tercantum dapat merujuk ke server yang sama sekali berbeda, yang biasanya dikontrol oleh penyerang dan penyerang tersebut telah membuat sebuah situs web palsu yang sama persis dengan yang asli.

Apabila situs yang dikunjungi pengguna tidak memiliki HTTPS yang aman, maka mereka tidak akan melihat perbedaan tersebut.

Pengguna yang memasukkan login ke laman palsu, akan memberikan data identiasnya langsung ke penyerang. Namun jika penyerang mencoba untuk membuat sertikat HTTP palsu, browser biasanya akan mengingatkan bahwa ada sesuatu yang salah.

• Bootnes

menyalakan router menjadi suatu serangan untuk router yang lain
Banyak router memiliki semacam akses remote yang diaktifkan secara default.

Cara yang paling umum untuk mengakses router secara remote adalah melalui penggunaan Secure Shell (SSH) server, Telnet server atau Web interface. Jika pengguna tidak mengubah password default dan membiarkan layanan remote access-nya diakses, maka akan menjadi gerbang yang dilindungi oleh simpul rantai.

Waspadai Penawaran Kuota Internet Gratis!, inilah bahayanya..

Waspadai Penawaran Kuota Internet Gratis!, inilah bahayanya.. sekedar berbagi info penting Bagi anda pengguna teknologi informasi seperti smartphone dan tablet, diharap lebih waspada terkait informasi palsu mengenai penawaran kuota internet gratis dan pulsa gratis yang tengah marak beredarakhir- akhir ini.

Waspadai Penawaran Kuota Internet Gratis!, inilah bahayanya..

Biasanya informasi internet gratis ini di kirim melalui layanan pesan singkat ( sms ) yang berisikan link serta no hp yang tidak begitu populer, hal ini akan membahayakan pengguna gaget karena informasi tersebut terindikasi mengandung virus.

dikutip dari serambi news.com, tertanggal 7 juni 2017 kemarin direktur eksekutif masyarakat informasi dan teknologi (MIT), teuku farhan telah mengeluarkan himbauan mengenai hal tersebut dengan tidak asal-asaln mengeklik link dalam pesan tersebut.

Virus yang dikawatirkan yang di sebutkan di atas masuk dengan cara membuat layanan pesan singkat yang berisikan “Penawaran dalam pesan yang disebar terlihat sangat menarik dengan tujuan agar anda mengeklik, Tapi jangan coba-coba membuka link itu karena smartphone berpotensi disadap, dimasukkan virus secara diam-diam, bahkan data akun dan riwayat penggunaan internet juga bisa ditelusuri,” jelas Farhan.

Hal tersebut memang efeknya tidak terjadi secara langsung yang mengakibatkan terganggunya kinerja gaget anda, Farhan meyakini bahwa link tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengguna gadget dalam jangka panjang.

“Data yang melekat dalam akun media sosial misalnya, bisa saja disadap oleh orang jahat karena terkoneksi dengan smartphone kita,” katanya.

Pada umumnya, lanjut Farhan, penawaran hadiah internet gratis dari operator seluler diiklankan di berbagai media, bukan hanya lewat short message service (sms).

Selain itu, link atau alamat domain yang disebarkan semestinya sudah populer di masyarakat. “Pelaku penipuan sering menggunakan .co (dotco) bukan .com (dotcom) yang sudah populer,” katanya.

Dia menambahkan, para penipu itu biasanya menggunakan kalimat pemikat agar pengguna smartphone mau meng-klik link tersebut.

Contohnya, kesempatan terakhir untuk memperoleh kuota internet 50 GB gratis untuk semua operator.

“Bagi siapa saja yang menerima pesan tersebut di harapkan agar jangan disebarkan lagi. Karena akan semakin banyak orang yang dirugikan nantinya,” tukas Farhan.

Sebagian Malapetaka Musim Kering dan kelaparan di Cina, India, Ukraina, Rusia, Irlandia telah mematikan berjuta-juta manusia. Sedangkan, Musibah pada saat itu hanya melanda Sebagian kota atau provinsi semata. Pada waktu yang bersamaan daerah-daerah yang lain tidak mengalami Petaka yang Semacam . Makin dari itu, seluruh Bumi juga lolos dari Musibah dan mempuyai Harapan untuk Menyerahkan bantuan pangan dan obat-obatan.

Kekeringan dan tidak ada makanan tersebut masih jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan kekeringan total yang akan terjadi alam semesta di hari kiamat . Sebelum Kelahiran Addajjal, dunia akan mengalami kekeringan selama 3 tahun penuh, Hal itu seperti mana yang disabdakan oleh Rasulullah;

“ Sebetulnya sebelum keluarnya Addajjal adalah tempo waktu tiga tahun yang sangat susah, pada jangka itu manusia akan dilanda oleh tidak ada makanan yang sangat. Allah Menyuruh pada langit pada musim perdana darinya agar menahan 1/3 dari hujannya dan menginstruksikan pada bumi untuk menahan 1/3 dari tanamannya . Kemudian Allah memerintahkan untuk langit pada musim kedua darinya supaya bisa menghambat dua pertiga hujannya dan menyuruh dunia untuk menahan 2/3 dari tanam tanamannya . Setelah pada musim ketiga dari Allah menyuruh pada langit agar menghentikan seluruh air hujannya . musim gersang tersebut terjadi secara bertahap . Pada Musim pertama, curah hujan akan berkurang hingga sepertiga dari umumnya, sehingga mengakibatkan anjloknya pertanian hingga sepertiga dari lazimnya. individu tentu berharap kesulitan tersebut segera selesai dan kondisi berangsur-angsur pulih. tetapi, harapan tinggal keinginan, pada tahun berikutnya , curah hujan justru semakin menyusut, sampai 2/3 dari kadar hujan yang normal. Akibatnya lantas terasa, produk persawahan merosot tajam sampai 2/3. Alih-alih membaik, pada tahun ketiga tragedi| justru semakin mengganas. Air hujan 100% tidak turun, tragedi kekeringan pun jadi sempurna.

Musim Gersang drastis tersebut memang terjadi atas dasar keinginan Tuhan, Ia  menjadi ujian dari Allah untuk melihat siapa saja yang konsisten menganut agama dan siapa yang kafir , siapa yang berterima kasih dan siapa saja yang mungkir. Sekarang ini memang belum diderita oleh umat individu. Akan tetapi tanda-tanda ke arah itu sudah bisa prediksi pada masa ini. Para ilmuan , peneliti dan pemerhati area ini menyoroti fenomena yang mereka ucap peningkatan temperatur planet( global warning, atau pemanasan global). Pemanasan global diakibatkan oleh tindakan manusia . Kenaikan temperatur dunia kurang lebih 0,8 derajat Celcius dalam seabad belakangan ini, lebih-lebih diakibatkan penggunaan bahan bakar fosil sejak musim 1920-an atau sesudah Revolusi Industri.

Kondisi cuaca berlebihan akan menjadi peristiwa rutin . Badai tropis akan semakin akan sering timbul dan semakin besar intensitasnya . Gelombang panas dan hujan lebat akan melanda kawasan yang lebih luas . akibat terjadi kebakaran hutan dan penyebaran penyakit meningkat . Sementara itu, Musim Gersang akan menyusutkan daya produksi lahan dan kualitas air. Kenaikan permukaan air laut akan membawa dampak banjir lebih luas , mengasinkan air tawar, dan menggerus wilayah pesisir .

Seumpama seperti itu , akankah milyaran individu di permukaan bumi akan mengalami kelaparan secara massal ? Akankah kanibalisme dan perdagangan bocah- bocah kembali terjadi? Bagaimana individu akan memusuhi terpaan busung lapar, gizi buruk, lepra, kurang darah, diare kronis, dan sejumlah penyakit akibat tidak ada makannan . Berapa ratus juta yang akan meninggal Berapa yang kuat selamat atau beremigrasi ? Kemana mereka akan beremigrasi ? Bagaimana kondisi golongan muslimin pada masa itu?

Semuanya akan di jabarkan secara rinci dalam buku akhir zaman karya Ustadz Zulkifli MA.

Scroll To Top