Latest Posts Under: Travel

Raja Ampat Holidays

Raja Ampat HolidaysKeindahan panorama alam yang disuguhkan dari bumi Raja Ampat Holidays memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Pemandangan alam bawah lautnya yang sangat indah ditambah pantainya yang sangat cantik, membuat daerah ini dijuluki sebagai surga dunia. Salah satunya yaitu Pulau Misool yang terletak di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulau Misool berada di salah satu segitiga karang dunia. Itu mengapa panorama bawah laut Misool menjadi salah satu yang paling indah di Papua Barat, bahkan di dunia. Berbagai jenis ikan hias, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya menjadi penghuni surga bawah laut pulau Misool. Karena berbatasan langsung dengan laut Seram dan perairan laut lepas, Raja menjadi jalus lintas hewan besar seperti paus dan gurita. Menurut masyarakat setempat gurita sering ditemukan pada malam hari. Sedangkan ikan paus ditemukan pada siang hari. Sehingga pulau Misool dikenal sebagai kawasan yang penuh misteri karena banyak terdapat hewan besar yang sudah langka dan jarang ditemukan di negara lain.

Menyelam di Misool sebenarnya bisa dilakukan sepanjang tahun, tetapi di sekitar bulan Mei hingga September, pulau ini sering dilanda turun hujan sehingga aktifitas penyelaman jarang dilakukan pada waktu tersebut. Sebenarnya, tanpa diving pun, hanya dengan snorkling kita sudah bisa melihat pesona bawah laut pulau Misool. Jernihnya air pulau ini hingga apapaun yang ada dibawahnya bisa terlihat tanpa harus menyelam. Pulau yang terpencil sekaligus nyaris tak berpenghuni ini memang benar-benar indah. Sepanjang mata memandang, yang akan Anda lihat adalah hamparan beningnya air laut yang berwarna hijau turquise. Pasir putihnya terhampar di sepanjang pesisir pantai dan dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove yang hijau. Jangan heran jika setiap kaki menginjak butiran pasir dan halus ini, kaki Anda akan terperangkap ke dalam pasir hingga diatas tumit.

Bukan hanya itu yang membuat Misool mempesona, pulau ini juga memilki peninggalan sejarah yang bisa kita lihat di beberapa gua dan pulau-pulau karst. Di beberapa gua yang tersebar di Tomolol, Anda akan mendapati lukisan pra sejarah berupa telapak tangan manusia berukuran besar serta hewan-hewan. Lukisan ini diduga merupakan buatan manusia yang hidup di tempat ini. Selain lukisan gua, Misool juga menyimpan banyak peninggalan pra sejarah seperti batu asah, kuburan, tempat air dari batu dan dayung berukir.

Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari penginapan karena akomodasi dan fasilitas pulau ini cukup lengkap. Penginapan kelas murah hingga resort pun tersedia plus tempat makan yang representatif.  Untuk mencapai tempat ini kita bisa menumpang kapal besar dari Pelabuhan Rakyat di kota Sorong dengan tujuan Pelabuhan Harapan Jaya di distrik Misool Selatan. Waktu tempuhnya sekitar 7-8 jam dengan tarif Rp. 200.000. Karena pulau Misool terdiri dari beberapa pulau kecil, Anda harus menyiapkan ekstra uang saku jika ingin melihat beberapa pulau itu plus pantainya yang super indah. Seperti misalnya pantai Olobi, pantai Gamfi, pantai Olobi Ganan, pantai Malili, pantai Jam, Pantai Daram, pantai Panun dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi masing-masing pantai itu, Anda harus menyewa speed boat.

Isuzu Elf Microbus dikenal luas sebagai mobil yang multifungsi. Kendaraan ini bisa dipakai dalam berbagai kegiatan yang membutuhkan mobil dengan kapasitas yang cukup banyak. Isuzu Elf merupakan mobil yang didesain untuk segmen komersial. Oleh sebab itu banyak perusahaan-perusahaan yang membeli mobil ini untuk mempermudah kegiatan mereka di lapangan. Berbagai jenis perusahaan memanfaatkan kendaraan ini, mulai dari pengusaha travel, pengusaha perjalanan wisata, stasiun televisi, penginapan dan masih banyak lagi. Perusahaan-perusahaan apa saja yang memanfaatkan kendaraan ini akan kami bahas dalam artikel ini.

  1. Perusahaan Travel

Mobil ini menjadi pilihan utama bagi para pengusaha travel karena memiliki banyak keungulan, antara lain: mampu menampung banyak penumpang, irit bahan bakar, perawatannya mudah dan murah, nyaman, dilengkapi sistem keamanan yang baik, dan masih banyak lagi. Bagi pengusaha travel Elf Jogja tentu mobil ini bisa menjawab kebutuhan mereka. Sekali jalan mobil ini bisa menbawa 16 orang penumpang yang tentu saja memberi keuntungan bagi pengusaha tersebut. Selain itu mobil ini juga irit bahan bakar yang membuat pengeluaran untuk biaya operasional bisa ditekan. Selanjutnya biaya perawatannya yang tergolong murah dan juga mudah.

  1. Perusahaan Perjalanan Wisata

Selain perusahaan travel, perusahan tour atau jasa perjalanan wisata pun memanfaatkan kendaraan mereka untuk mengantar tamu mereka ke lokasi wisata. Dengan kapasitas 8-16 orang, kendaraan ini bisa membawa wisatawan berjalan-jalan berkeliling objek-objek wisata. Tentunya dengan mengunakan Isuzu Elf mereka bisa menghemat budget transportasi sehingga bisa menawarkan harga yang bersahabat kepada konsumen. Selain itu kendaraan ini juga nyaman karena dilengkapi kursi yang empuk serta AC yang dingin.

  1. Perusahaan Penyiaran

Selanjutnya perusahaan yang memanfaatkan kendaraan ini adalah, perusahaan penyiaran khususnya stasiun televisi. Dengan kabinnya yang lapang, perlengkapan penyiaran bisa dimasukkan ke dalam kabin sehingga kegiatan memburu berita pun bisa maksimal. Mereka pun tidak perlu khawatir perlengkapannya bakal rusak karena mobil ini dilengkapi suspensi yang terbaik.

Demikanlah penjelasan mengenai perusahaan-perusahaan yang mengunakan Isuzu Elf sebagai kendaraan operasional mereka. Masih banyak perusahaan-perusahaan lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga penjelasan kami di atas bisa berguna dan bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda.

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Kota Makkah selain dari pada Masjidil Haram Banyak tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Makkah yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan zaman awal-awal perkembangan agama Islam hingga abad modern. Salah satunya adalah museum Haramain yang satu area dengan gedung pembuatan kiswah Ka’bah. Museum haramain yang di berada di daerah Ummul Joud jalan yang menuju ke Hudaibiyah atau Jalan jeddah gadim/jalan jeddah lama. Untuk berziarah ke museum Haramain ditempuh selama dua puluh menit dari masjidil Haram.

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Museum Haramain, gedung ini menjadi bangunan kebanggaan warga Arab Saudi. Terletak di tengah-tengah ibu kota Negara Petrodolar itu, museum ini merupakan miniatur kecil sejarah budaya dan peradaban Islam yang menampilkan karya-karya seni bernilai estetika tinggi, mengesankan, serta bermuatan sejarah.

Seperti barang antik, kerajinan tua, dan dokumentasi aktivitas sejarah, arkeologi, budaya ilmiah, serta kegiatan ekonomi dan komersial di dalamnya. Wajar bila museum ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagai jamah haji atau umrah.

Jika melihat tampilannya, Museum Nasional Riyadh yang terletak di Pusat Sejarah Raja Abdul Aziz ini, memiliki desain arsitektur kontemporer yang mengombinasikan arsitektur tradisional khas Timur Tengah (Timteng) yang sangat memikat.

Dengan gaya Arsitektur tradisional tersebut terlihat di bagian fasadnya yang menggunakan gaya Persia setengah lingkaran (Persian arch). Ciri khas lengkungan Persia ini adalah antara lengkungan satu dan lengkungan lain saling menyambung.

Persian arch di museum ini, memiliki tiga lengkungan dengan empat pilar sebagai penyangga tiga lengkungan. Lengkungan-lengkungan pada bagian atas nya di beri warna hitam dan putih sementara empat pilar nya di berikan tanpa warna, karena  warna dasar dari bahan baku pilar ini adalah marmer, sehingga tidak di perlukan untuk corak warna yang berlebihan.

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Pola serupa bisa kita jumpai pada masjid bersejarah yang berada Spanyol, Masjid Cordoba. Selain menampil kan kesan yang sangat elok, dengan paduan gaya khas Persia ini, juga konon untuk memperkuat struktur bangunan tersebut.

Sentuhan khas Timteng memang begitu kental di bagian eksterior nya. Selain Persian arch, unsur lain yang menampa kan tradisionalitas adalah ukiran-ukiran abstrak yang terpajang di sepanjang dinding. Pilar-pilar yang berderet di bagian samping kiri dan kanan dengan formasi mengapit pengujung menuju museum turut memperkuat kesan dan nuansa tradisional itu.

Sedangkan desain kontemporer atau moderen terlihat pada bentuk bangunan nya yang berbentuk persegi. Bentuk ini di bagi menjadi dua bagian yang memanjang ke kiri dan ke kanan. Berbahan dasar batu pualam dan marmer, warna yang terdapat pada bangunan ini, terpancar mewah namun tetap natural, tanpa memoles lagi memakai dengan aneka warna buatan.

Beberapa koleksi yang terdapat di ruangan ini, antara lain, kiswah (penutup) Ka’bah, pintu lama Ka’bah, mesin pembuat kiswah, dan koleksi-koleksi lain nya. Selain tujuh ruangan tersebut, ada balai seluas 800 meter persegi yang  terletak di lantai dasar.

Balai ini menampilkan miniatur-miniatur seperti ritual haji, peran negara-negara Islam yang ikut melestarikan ritual haji, rute sejarah haji, perkembangan Makkah dan Madinah dari masa ke masa, serta peran Arab Saudi memberikan pelayanan bagi para peziarah yang datang.

Terdapat Banyak ruangan

Dari 800 meter persegi itu, terbagi menjadi lima ruangan dengan fungsi berbeda-beda. Ada Ruangan pertama yang meliputi model layar horizontal besar Makkah dan pandangan udara yang menunjuk kan lokasi dari Makkah di Semenanjung Arab.

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Mengenal Museum Haramain Mekkah

Dari ruangan pertama ini, pengunjung juga menyaksikan pintu Ka’bah peninggalan Sultan Murad IV (1624 M) yang terbuat dari emas dan tembaga. Ruangan kedua kita bisa belajar rute kuno yang di gunakan jamaah haji, yang berfungsi untuk menampilkan penunjuk jalan, benda-benda peziarah, dan peta pemberhentian sepanjang Levant, Mesir, dan Yaman.

Ruangan ketiga mencakup sejarah Ka’bah dan Masjid al-Haram, termasuk ekspansi kedua pada era Raja Fahd. Di ruangan keempat ini berfokus kepada pembangunan pada era Muhammad SAW atas Madinah, yang beberapa abad berikut nya dengan di bangun oleh Raja Fahd.

Ada Ruangan kelima berisi sejarah penyelenggaran ibadah haji dan Umroh. Termasuk sejarah dan kontribusi Raja Abdul Aziz serta anak-anaknya dalam pelayanan dua tanah suci tersebut.

Museum Nasional yang berdiri sejak 1946 ini menempati lahan seluas 17 ribu meter persegi dari bagian timur Pusat Sejarah Raja Abdul Aziz. Terdapat tujuh ruangan utama di museum ini.

Museum Haramain di bangun oleh raja Malik Fahad bin Abdul Aziz Al- Saud Museum Haramain disebut juga The Exhibition of Two Holy Mosques Architecture (Museum Arsitektur Dua Masjid Suci) karena Haramain sendiri artinya Dua Tanah Suci yaitu Kota Makkah dan Madinah.( Baca juga : Tips Umroh Untuk Wanita)

Di museum ini di pamerkan dengan barang -barang  yang berkaitan dengan perkembangan dan pembangunan masjidil Haram dan masjid Nabawi. Barang-barang yang di pamerkan antara lain:  Pintu Ka’bah yang terbuat dari emas murni dengan berat 280 kg. Talang emas/pancoran emas yang terbuat dari emas 24 karat. Dan ada juga kunci pintu Ka’bah.Selain dari kiswah Ka’bah juga di pamerkan di dalam bingkai hajar aswad yang terbuat dari emas. Dan kerangkeng makam Ibrahim yang terbuat dari campuran tembaga dan besi kuning.Kemudian Mimbar  yang di buat pada masa abad pertengahan. Gayung sumur zam-zam dan tali gayung nya. Kayu penyangga atap Ka’bah yang sudah berumur ribuan tahun masih di pamerkan. Dan mushaf Al-Qur’an tulisan tangan di zaman khalifah Ustman bin Affan dan masih tersimpan rapi dalam kotak kaca. Benda yang paling baru di pamerkan adalah Maket dengan bangunan masjidil Haram yang sekarang sedang di bangun atau lebih di kenali dengan bangunan Abdullah (di nisbatkan dengan nama raja Malik Abdullah bin Abdul Aziz ) yang berperan dalam pelebaran masjidil Haram yang sekarang. Dan masih banyak lagi benda-benda yang berkaitan dengan masjidil Haram.

Scroll To Top